Saturday 29 November 2014

Cara Mendapatkan Uang dari Blog : Masih Bikin Gue Bingung

Salah satu keyword paling diminati di google search adalah "cara mendapatkan uang dari blog", itu favorit banget deh kayanya. Satu persatu link-link bernada serupa gue ikutin. Sampe gue coba buat daftar di google adsense. Tapi apa coba hasilnya? Gie bingung sendiri, google adsense lah, kampanye lah, pengiklan lah, bla bla bla. Maklum lah gue pemula, obsesinya masih tinggi tapi ilmunya masih cetek. Yang ada di otak cuma bagaimana cara mendapatkan uang? 

Tapi dari beberapa link yang gue ikutin dari obsesi gue itu gue menyimpulkan beberapa hal.

Harus Go Blog, Jangan Goblok!
Secara blog gue pengunjungnya masih bisa diitung jari, gimana mau banyak wong artikelnya rujukan semua. Jujur gue bukan seorang penulis dan mungkin ga bakat jadi penulis. Nilai mengarang Bahasa Indonesia waktu SMA aja pas-pasan. Sedangkan untuk mendapatkan pengunjung blog yang banyak seorang blogger dituntut (sama diri sendiri) untuk membuat tulisan yang dapat menarik banyak pengunjung blog. Ya tapi da aku mah apa atuh? Ngetik aja tulisannya kaya cakar ayam. Tapi persetan dengan semua itu, gue jalani aja sebisanya. Gue gunakan blog gue sebagai ajang pembelajaran, latihan menulis, portal iinformasi, dan just for fun! Karena semua hal besar itu dimulai dari hal yang kecil.

Pede Sama Karya Sendiri
Nah ini nih, kadang gue ngerasa ga pede buat publish tulisan-tulisan gue. Akhirnya ratusan kalimat itu hanya tersimpan di notepad dan word aja tanpa pernah berani gue publish. Jadinya apa? Blog gue setahun lebih vacum, ga ada tulisan, ga ada artikel, ya mati suri aja gitu. Bukan karena gue ga mau ngeblog lagi, tapi karena waktu itu gue pindah kosan dan ga ada akses internet yang mumpuni buat blogging. Paling banter nyadap wifi tetangga. Setelah gue pasang koneksi internet sendiri yang cukup stabil baru lah gue mulai publish beberapa tulisan gue, Walaupun perlu waktu beberapa hari untuk cukup pede buat publish itu, tarik ulur tarik ulur.

Promosi, Promosi, Promosi!
Setelah cukup pede buat publish beberapa tulisan gue, ternyata pengunjung blog gue masih segitu-gitu aja. Ya ialah masalahnya gue masih ngerasa GA PEDE buat promosi, blog gue artikelnya masih dikit, kontennya kurang menarik, blablabla. Ini masalah akut gue, ga bisa marketing. Karena itulah gue ga tahan lama jadi marketing dulu. Tapi entah gimana caranya dalam sebulan kedepan gue harus bisa meningkatkan trafic pengunjung blog gue.

Iklan = Uang
Hal yang jadi primadona di artikel ini, iklan dan uang. Keduanya sangat saling berkaitan di dunia blogging. Secara garis besarnya kalo blog gue udah rame, gue harus bikin space buat para pengiklan, dimana mereka akan memasang iklan produk mereka di blog gue. Ada berbagai macam sistem yang bisa digunakan dalam hal ini, seperti promosi (biasanya dilakukan jika kita kenal dengan pengiklan), menggunakan jasa afiliasi, bertukar link, dan lain-lain. Penyedia jasa pengiklan akan memberikan komisi kepada blogger jika iklan yang ditayangkan dikunjungi oleh pengunjungnya, setelah nomonal tertenu uang komisi tersebut akan ditransfer. 

Mentor
Yang terakhir ini yang belum gue punya. Sebanyak apapun rujukan artikel yang udah gue baca gue masih bingung. Gue masih takut terjebak kalo gue harus membayarkan sejumlah uang tertentu untuk menjadi pengiklann. Tapi gue sendiri masih belum mendapatkan orang yang tepat untuk gue jadikan mentor dalam hal blogging. 

Buat sementara ini target gue adalah bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjug di blog gue, dengan cara yang gue bisa. MU

Related Articles

0 comments:

Post a Comment