Tuesday 11 November 2014

Pengertian Akuntansi



Akuntansi berasal dari kata asing accounting, yaitu proses mencatat, menggolongkan, mengikhtisarkan, dan menyajikan laporan-laporan keuangan perusahaan secara sistematis. Secara singkat, akuntansi adalah proses pencatatan transaksi keuangan dengan cara yang sistematis yang diakhiri dengan laporan keuangan. Transaksi keuangan dapat berupa pembelian, penjualan, pengeluaran uang, penerimaan uang, dan sebagainya. Proses mencatat pada akuntansi, yaitu pencatatan dan transaksi dengan menggunakan bukti-bukti seperti nota, kwitansi, faktur dan lain-lain.

Proses penggolongan, yaitu pencatatan ke dalam jurnal berdasar bukti-bukti transaksi dengan menggolongkan perkiraan mana yang di debet dan yang di kredit, selanjutnya diposting ke buku besar. Proses pengikhtisaran, yaitu meringkas perkiraan yang sama untuk dijadikan satu jumlahnya di dalam neraca saldo. Penyajian laporan keuangan, yaitu menyajikan hasil pencatatan akuntansi berupa neraca, laba rugi, laporan perubahan modal, dan sebagainya.

Tujuan dan fungsi dari akuntansi adalah untuk menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan (pemakai informasi akuntansi).

Pemakai akuntansi dibedakan menjadi pihak intern dan pihak ekstern. Pihak intern adalah pihak yang berada di dalam perusahaan atau lembaga seperti, pimpinan perusahaan, manajer, dan karyawan. Sedangkan pihak ekstern adalah pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan atau lembaga tetapi berada di luar perusahaan, seperti pemilik perusahaan atau pemegang saham, investor, bank sebagai pemberi pinjaman (kreditur), dan pemerintah.

Akuntansi dibagi ke dalam beberapa bidang, diantaranya:
1.                  Akuntansi keuangan
2.                  Auditing
3.                  Akuntansi biaya
4.                  Akuntansi manajemen
5.                  Akuntansi pajak
6.                  Sistem akuntansi
7.                  Akuntansi anggaran
8.                  Akuntansi lembaga nonprofit
9.                  Akuntansi internasional
10.              Akuntansi sosial

11.              Akuntansi pendidikan

Related Articles

0 comments:

Post a Comment