Tuesday 11 November 2014

Ciri-ciri Aplikasi Android yang Berbahaya

Android
Android

Android ternyata termasuk salah satu operating system yang cukup mudah untuk disusupi oleh aplikasi-aplikasi berbahaya.Tidak jarang aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut menyebabkan kerusakan yang cukup fatal pada gadget Anda.

Berikut merupakan beberapa ciri aplikasi-aplikasi yang "dicurigai" berbahaya bagi keberlangsungan gadget Anda dikutip dari ciricara.com






1. Bukan dari Google Play Store

Tempat yang paling aman untuk mengunduh aplikasi Android adalah Google Play Store. Jika Anda selama ini sering mengunduh/download aplikasi di situs online lainnya, kemungkinan aplikasi tersebut menyimpan virus. Saat ini memang banyak situs yang menyediakan aplikasi file APK untuk Android, namun hal ini bisa menjadi sumber virus.

2. Izin pemasangan aplikasi aneh

Jika menginstal aplikasi dengan file APK dari situs lain, Anda perhatikan izin pemasangan aplikasinya sebelum disetujui. Lihat apakah aplikasi tersebut meminta izin yang aneh-aneh, seperti koneksi internet, membaca kontak, dll. Jika iya, itu ciri kalau kemungkinan aplikasi tersebut berbahaya.

3. Jumlah instalasi sedikit dan rating rendah

Anda perhatikan jumlah orang yang sudah menginstal aplikasi tersebut. Jika aplikasi itu sudah diinstal jutaan orang tapi punya rating (bintang) rendah, itu bisa jadi tanda aplikasi tersebut tidak berkualitas dan bisa jadi berbahaya untuk smartphone Android Anda.

4. Ulasan yang jelek

Baca juga ulasan dari orang-orang yang sudah pernah menginstal aplikasi tersebut. Jika banyak ulasan menunjukkan bahwa aplikasi tersebut tidak bagus, sebaiknya Anda jangan coba-coba untuk menginstalnya. Bisa jadi aplikasi tersebut mengandung virus.

5. Deskripsi aplikasi tidak jelas


Sebelum menginstal, perhatikan dan baca baik-baik deskripsi aplikasi yang akan diinstal. Jika dalam penjelasan tersebut terdapat banyak kesalahan tulis, tanda baca, dll, kemungkinan aplikasi tersebut abal-abal. Bisa jadi aplikasi itu dibuat oleh orang tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan virus atau malware-nya ke pengguna smartphone.

Nah, sudah tahu kan ciri-cirinya? Mulai sekarang berhati-hatilah dalam menginstal aplikasi bagi gadget Anda. 

Related Articles

0 comments:

Post a Comment