Friday 19 April 2013

Tips Belajar Mata Kuliah Pemrograman

Hallo Indonesia...!!!
Waw, ga kerasa kuliah saya sudah hampir memasuki fase UTS di Semester 4, padalah baru kemarin rasanya masuk kuliah lagi. Well, walaupun sudah di semester 4, dan sudah banyak sekali dijejali materi-materi pemrograman yang aduhai.... Tapi kebanyak dari teman-teman saya masih merasa bingung dan berkata "GA BISA". Padahal kata-kata itu hanya sugesti lho...

Kita harus mencontoh semangat dari para programmer-programmer yang berpengaruh di dunia, mereka yang bikin program-program yang sekarang ini sering kita pakai. Pastinya level kepusingan mereka lebih aduhai dari kita. Dan menjadi programmer pun tentunya butuh hiburan.

Disini saya akan berbagi kepada temen-temen semua tentang tips belajar mata kuliah pemrograman. langsung aja ya...

Tips Pertama: Tentukan Niat
Yuhuu.... Niat kita belajar pemrograman itu untuk apa ya??? Ada yang bilang, "ya buat syarat lulus kuliah aja", atau "pengen jadi programmer", mungkin juga "terpaksa"

Tips Kedua: Ikhlaskan Hatimu
Terlepas dari apa niat kamu buat kuliah, yang ada dihadapan kamu sekarang adalah SKS yang bejibun. kamu sudah memutuskan untuk kuliah, so kamu harus konsisten dengan keputusan kamu. Jika kamu sudah ikhlas menghadapi kenyataan bahwa inilah yang harus kamu hadapi, niscaya langkah kamu akan terasa lebih ringan.

Tips Ketiga: Keep Motivation
Niat sudah benar, hati sudah ikhlas, jaga motivasimu! Jangan sampai kamu berhenti di tengah jalan hanya karena ga bisa pemrograman, yang ada ijazah ga dapet, ilmu ga dapet, ongkos ga keganti, waktu ga keganti.. Rugi belipet kan?

Tips Keempat: Tingkatkan Obsesimu
Dosen, "Ini tugas untuk kalian, tulis tangan, minggu depan kuis."
Mahasiswa, "Bu, jangan ngasih tugas terus dong.... Kuisnya minggu depannya lagi aja..."
ya itulah yang kebanyakan terjadi, padahal dengan tugas itu kita bisa menambah wawasan kita. Coba bandingkan, belajar di kelas paling mentok 3jam, tapi tugas 1minggu. Banyak sekali waktu yang bisa kita gunakan untuk menambah wawasan. Lu kerja? Punya BB? Smartphone? Bisa internetan? Trus kenapa ga dipake?

Tips Kelima: Jangan Cuma Jadi Tukang Ketik
Terkadang dosen ngasih tau jawaban dari project yang lagi kita kerjain dan memang mahasiswa dikasih waktu buat nyalin, tapi kebanyakan mereka (mahasiswa -red) cuma asal nyalin/ketik ke komputer, hasilnya: gagal. Kita harus paham tentang apa yang kita salin, kenapa bisa begini? kenapa begitu? 

Tips Keenam: Rasa Penasaran yang Tinggi
Seperti yang tertulis di tips sebelumnya, kita harus paham tentang apa yang sedang kita salin/ketik. Jangan ragu untuk bertanya kepada yang lebih mengerti, selain itu kamu juga bisa nanya mbah google. Di internet banyak sekali komunitas-komunitas programmer kalo kamu mau mencarinya. Gunakanlah fasilitas yang kamu punya.

Tips Ketujuh: Cari Info Sebanyak-banyaknya
Tatap muka di kelas sangatlah singkat, mungkin hanya dengan 2 project waktu sudah habis. Untuk itulah kita perlu banyak mencari materi-materi dari luar, kamu bisa beli buku atau searching di internet. Banyak e-book yang disa didownload secara gratis.


Yapt, itu sedikit tips dari saya semoga bermanfaat buat temen-temen semua. Sekali lagi saya tekankan bahwa Anda lah yang menentukan jalan hidup Anda, Anda yang menentukan pilihan Anda. Jika Anda telah memilih, Anda harus siap dengan konsekwensinya. Ubah pola pikir Anda tentang kuliah, kuliah bukan cuma sekedar mendapatkan ijazah, tapi akan menjadi orang yang seperti apa ketika kita lulus kuliah nanti? 

Related Articles

0 comments:

Post a Comment